Featured Post

DOWENLOD NOVEL FATIMAH az-zahra PDF

DOWENLOD NOVEL FATIMAH az-zahra PDF

DOWENLOD NOVEL FATIMAH az-zahra PDF menolak-lupa.com

Setelah novel Khadijah: Ketika Rahasia Mim Tersingkap terbit dan diterima pembaca di seluruh Indonesia, kami dengan bangga menerbitkan lanjutan 4 kisah wanita penghuni surga karya seorang wanita penulis asal Turki, Sibel Eraslan. Novel kali ini berkisah tentang Fatimah az-Zahra, putri dari pernikahan Khadijah dan Rasulullah Seperti kita ketahui, dalam sebuah hadis Rasulullah menyebutkan 4 wanita penghuni surga. Mereka adalah Khadijah,Fatimah, Maryam, dan Asiyyah istri Firaun. Tentu saja ada alasan kuat mengapa keempatnya layak mendapatkan surga. Selain ketaatan kepada Sang Pencipta, keempatnya memiliki sifat-sifat yang wajib diteladani semua manusia. Inilah mengapa perihal kehidupan mereka menjadi sangat istimewa dan perlu dibaca. Tidak seperti pada novel sebelumnya, kisah Fatimah tidak dituturkan secara langsung. Kisah Fatimah justru dituturkan oleh tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita. Dalam dunia penulisan, hal ini biasa disebut kisah di atas kisah atau kisah berbingkai.

Ada tiga kisah dalam novel ini. Yang pertama adalah kisah penyair yangg bernama Zebun bin Mestan Efendi. Dialah sosok pencerita dalam novel ini. Penyair ini mengaku sebagai pengarang Diwan az-Zahra. Saat itu, Diwan az-2Zahra menjadi karya tersohor karena sering dituturkan sebagai sastra lisan dari suatu tempat ke tempat lain. Banyak penyair telah mengklaim bahwa dirinyalah pembuat diwan atau syair tentang Fatimah az-Zahra itu. Suatu ketika, Zebun bin Mestan Efendi diundang Wali Kota Karbala untuk membawa diwan itu dan membacakannya di hadapannya. Namun, belum sempat itu terjadi, diwan itu telah hangus terbakar. Pada saat yang sama, sang wali kota juga telah menerima 40 orang penyair lain yang mengaku sebagai pengarang Diwan az-Zahra. Untuk membuktikan bahwa dirinya adalah pengarang asli Diwan az-Zahra, Zebun bin Mestan harus menuturkan kembali 40 kisah dalam diwan itu di sebuah alun-alun yang disaksikan masyarakat umum selama 40 hari.


Kisah kedua berkaitan dengan 40 kisah yang terdapat dalam Diwan az-Zahra. Meski disebut Diwan az-Zahra, diwan ini tidak melulu mengisahkan Fatimah az-Zahra. Kisah tentang Fatimah justru hadir setelah dikisahkan oleh tokoh-tokoh cerita yang terdapat di dalam diwan tersebut. Diwan itu sendiri lebih banyak berkisah tentang sebuah rombongan yang akan berangkat haji.

Kisah dimulai dengan pertemuan anggota rombongan di Tanah Karbala, tempat Husein, putra Fatimah, terbunuh. Kisah pun berlanjut dengan petualangan dan kesulitan menunaikan haji pada saat itu yang harus dilakukan dengan berjalan kaki dan naik kapal laut. Dalam petualangan itulah rombongan menemui berbagai macam masalah, dari yang menyedihkan hingga yang menggembirakan. Untuk setiap masalah, kisah Fatimah dan Ahli Bait hadir sebagai refleksi dan kadang solusi agar rombongan tetap teguh dengan niat semula, yaitu menunaikan umrah, haji, dan berziarah ke Tanah Suci. Kisah ketiga tentu saja kisah-kisah yang berkaitan dengan Fatimah az-Zahra dan keluarganya, termasuk Rasulullah .
Karena kisah-kisah Fatimah dituturkan berdasarkan kondisi dan situasi yang terjadi berkaitan dengan aktivitas rombongan haji maka alur cerita mengikuti situasi dan kondisi rombongan. Karena ditulis dengan gaya kisah di atas kisah, dalam setiap kisah akan muncul 2 kisah, yaitu kisah rombongan yang akan berhaji dan kisah Fatimah beserta keluarganya. Hal ini tentu saja menarik karena pengarang berusaha menyatukan dua kisah yang tampak berbeda menjadi sebuah mahakarya yang luar biasa.

Selamat membaca dan menikmati.

DOWENLOD NOVEL FATIMAH az-zahra PDF

No comments for "DOWENLOD NOVEL FATIMAH az-zahra PDF"

Iklan Atas Artikel